Jumat, 17 Mei 2013

PI bagian 1



Waktu untuk menulis penulisan ilmiah sudah mendekat, saya bersama teman saya wina akan membuat sistem pakar untuk aplikasi kami. Tadinya kami sudah memutuskan untuk menggunakan visual basic, saya juga sudah mendapat buku untuk mempelajari bagaimana membuat sistem pakar menggunakan visual basic. Sewaktu dosen pembimbing saya masuk, mulanya dia membebaskan mahasiswanya untuk memilih tema dan menggunakan aplikasi apa, saya tentu senang saya bisa menggunakan visual basic pada aplikasi yang akan saya buat. Tenyata pada pertemuan kedua dosen pembimbing saya menyarankan saya dan wina untuk membuat aplikasi sistem pakar menggunakan expertise2go. Saya dan teman saya sama sekali tidak mengerti apa itu expertise2go, apalagi menggunakannya kami belum pernah. Aplikasinya saja seperti apa kami tidak tahu. Tapi kata dosen pembimbing saya, kami siduruh untuk mencari tahu apa itu expertise2go dan bagaimana cara mendownloadnya.
Tadinya saya berfikir untuk mengganti judul penulisan ilmiah saya, menjadi sebuah aplikasi biasa saja tanpa sistem pakar, tetapi wina masih ingin melanjutkannya. Karena saya merasa sudah setengah jalan juga ya akhirnya saya berusaha untuk mencari tahu bagaimana cara mendowload dan menggunakan expertise2go. Pernah sampai kami memutuskan untuk mengganti aplikasi yang berbasis expertise2go menjadi android, karen kebanyakan dikelas kami banyak yang menggunakan android, jadi bisa belajar bersama jika ada kesulitan. Karena kami hanya berdua saja yang menggunakan aplikasi expertise2go untuk sistem pakar. Sampai pada akhirnya saya mendapatkan video tutorial dari youtube bagaimana cara mendownload dan menggunakan expertise2go. Walaupun video itu berasal dari luar negeri yang bahasanya saja saya tidak tahu, mungkin dari amerika latin dan dalam video itu pun tidak ada suaranya, tetapi masih mungkin saya melihat dengan gambar. Akhirnya saya ikuti cara dari gambar di dalam video untuk mendownload, mencoba contoh aplikasinya dan mencoba untuk membuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar