Selasa, 23 April 2013

Pengendara sepeda motor yang kurang tepat



Motor sering digunakan sebagai alat transportasi favorit yang sering digunakan untuk pergi ke tempat tujuannya. Untuk itu, banyak orang yang mempunyai sepeda motor, bahkan bisa saja pemiliknya memiliki lebih dari satu motor. Dalam hal ini saya ingin membicarakan tentang penggunaan sepeda motor yang tidak tepat. Contohnya saja, dilingkungan tempat tinggal saya banyak sekali anak kecil yang menggunakan sepeda motor hanya untuk sekedar berjalan-jalan, bukan hanya itu, mereka juga mengendarainya dengan kebut-kebutan sehingga membahayakan dirinya dan juga orang lain. Padahal mereka sendiri belum bisa menggunakan motor dengan baik, tetapi sudah membawa motor dengan cepat. 

Mungkin memang generasi sekarang lebih memilih naik motor daripada naik sepeda, tetapi harusnya diperhatikan siapa yang akan mengendarainya. Sewaktu saya kecil memang sepeda sangat populer dibanding motor, tetapi akan jauh lebih aman daripada menggunakan motor. Pernah saya lihat anak kecil, mungkin sekitar sd kelas 2 atau 3 yang naik dalam satu motor bertiga atau bahkan berempat dengan temannya, padahal kakinya saja belum sampai berpijak. Bahkan saya juga pernah melihat anak sd yang pergi sekolahnya naik motor melewati jalan raya.

Seharusnya orang tua lebih bijak dalam memberikan fasilitas bermain untuk anak-anaknya dan lebih memperhatikan keselamatan anak. Kadang karena terlalu sayangnya orang tua terhadap anak, apa saja yang diiinginkan anak akan dikabulkan, padahal menurut saya tidak baik memanjakan anak berlebihan. Orang tua juga memberikan pengertian bahwa motor itu kurang pantas digunakan untuk anak kecil. Jika memang anak ingin naik motor, sebaiknya didampingi oleh orang yang lebih dewasa, yang bisa memberikan pengarahan tentang cara berkendara yang baik. Menurut saya hal ini dapat meminimalkan resiko kecelakaan motor yang terjadi pada anak kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar