Sumber :
Model / Standar Profesi Antara USA dan Eropa
Organisasi profesi merupakan organisasi
yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai
profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang
tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.
Semakin luasnya penerapan Teknologi
Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga
profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah atau dunia
pendidikan di era globalisasi ini.
Secara global, baik di negara maju
maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan tenaga professional Tl.
Menurut hasil studi yang diluncurkan pada April 2001 oleh ITAA (Information
Technology Association of America) dan European Information Technology
Observatory, di Amerika pada tahun 2001 terbuka kesempatan 900.000 pekerjaan di
bidang Tl. Di dalam
tulisan ini akan dijelaskan mengenai standar profesi di benua Amerika,
khususnya di Negara USA dan Kanada, dan standar profesi di Eropa (Inggris,
Jerman, dan Perancis).
Model dan
standar profesi di setiap negara berbeda-beda termasuk model dan standar
profesi di Amerika dan Eropa. Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, maka
berikut ini akan dijelaskan mengenai model dan standar profesi baik di Amerika
maupun di Eropa.
· Model dan standar profesi di USA dan Kanada
Dunia Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu industri yang berkembang dengan begitu pesatnya pada tahun-tahun terakhir ini. Ini akan terus berlangsung untuk tahun-tahun mendatang. Perkembangan industri dalam bidang TI ini membutuhkan formalisasi ya ng lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan, profesi berkaian dengan keahlian dan fungsi dari tiap jabatan. South East Asia Regional Computer Confideration (SEARCC) merupakan suatu forum/badan yang beranggotakan himpunan profesional IT (Information Technology) yang terdiri dari 13 negara. SEARCC dibentuk pada Februari 1978, di Singapore oleh 6 ikatan komputer dari negara-negara : Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Philipine, Singapore dan Thailand. SEARCC mengadakan konferensi setahun dua kali di tiap negara anggotanya secara bergiliran. Keanggotaan SEARCC bertambah, sehingga konferensi dilakukan sekali tiap tahunnya. Konferensi yang ke-15 ini, yang bernama SEARCC ’96 kali ini diselenggarakan oleh Computer Society of Thailand di Thailand dari tanggal 3-8 Juli 1996.
Sri Lanka telah menjadi anggota SEARCC sejak tahun 1986,
anggota lainnya adalah Austr alia, Hong Kong, India Indonesia, Malaysia, New
Zealand, Pakistan, Philipina, Singapore, Korea Selatan, Taiwan, Thailand,
Kanada. Indonesia sebagai anggota South East Asia Regional Computer
Confideration (SEARCC) turut serta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan
oleh SEARCC. Salah satunya adalah SRIG-PS (Special Regional Interest Group on
Profesional Standardisation), yang mencoba merumuskan standardisasi pekerjaan
di dalam dunia Teknologi Informasi. Untuk keperluan tersebut.
Pejabat Keuangan Pemerintah Asosiasi
dari Amerika Serikat dan Kanada adalah organisasi profesional pejabat publik
bersatu untuk meningkatkan dan mempromosikan manajemen profesional sumber daya
keuangan pemerintah dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan memajukan
strategi fiskal, kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik.
Untuk lebih tujuan tersebut, aparat
pemerintah membiayai semua diperintahkan untuk mematuhi standar hukum, moral,
dan profesional perilaku dalam pemenuhan tanggung jawab profesional mereka.
Standar perilaku profesional sebagaimana diatur dalam kode ini diwujudkan dalam
rangka meningkatkan kinerja semua orang yang terlibat dalam keuangan publik.
-
Pribadi
Standar
Petugas pembiayaan Pemerintah harus
menunjukkan dan didedikasikan untuk cita-cita tertinggi kehormatan dan
integritas dalam semua hubungan masyarakat dan pribadi untuk mendapat rasa
hormat, kepercayaan, dan keyakinan yang mengatur pejabat, pejabat publik
lainnya, karyawan, dan masyarakat. Mereka harus mencurahkan waktu,
keterampilan, dan energi ke kantor mereka baik secara independen dan bekerja
sama dengan profesional lainnya. Mereka harus mematuhi praktek profesional
disetujui dan standar yang dianjurkan.
-
Tanggung
jawab sebagai Pejabat Publik
Petugas pembiayaan Pemerintah harus
mengakui dan bertanggung jawab atas tanggung jawab mereka sebagai pejabat di
sektor publik. Mereka harus sensitif dan responsif terhadap hak-hak publik dan
kebutuhan-kebutuhannya berubah. Mereka harus berusaha untuk memberikan kualitas
kinerja tertinggi dan nasihat. Mereka akan bersikap bijaksana dan integritas
dalam pengelolaan dana dalam tahanan mereka dan dalam semua transaksi keuangan.
Mereka harus menjunjung tinggi baik surat dan semangat undang-undang,
konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan mereka dan melaporkan
pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
-
Pengembangan
Profesional
Petugas pembiayaan Pemerintah
bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk meningkatkan
kompetensi kolega mereka, dan untuk memberikan dorongan untuk mereka yang ingin
memasuki bidang keuangan pemerintah. petugas Keuangan harus meningkatkan
keunggulan dalam pelayanan publik.
-
Integritas
Profesional – Informasi
Petugas pembiayaan Pemerintah harus
menunjukkan integritas profesional dalam penerbitan dan pengelolaan informasi.
Mereka tidak akan sadar tanda, berlangganan, atau mengizinkan penerbitan
pernyataan atau laporan yang berisi salah saji atau yang menghilangkan fakta
material apapun. Mereka harus menyiapkan dan menyajikan laporan dan informasi
keuangan sesuai dengan hukum yang berlaku dan praktek yang berlaku umum dan
pedoman. Mereka harus menghormati dan melindungi informasi rahasia yang mereka
memiliki akses berdasarkan kantor mereka. Mereka harus sensitif dan responsif
terhadap pertanyaan dari masyarakat dan media, dalam kerangka kebijakan
pemerintah negara bagian atau lokal.
-
Integritas
Profesional – Hubungan
Petugas pembiayaan Pemerintah harus
bertindak dengan kehormatan, integritas, dan kebajikan dalam semua hubungan
profesional. Mereka harus menunjukkan kesetiaan dan kepercayaan dalam urusan
dan kepentingan pemerintah yang mereka layani, dalam batas-batas Kode Etik ini.
Mereka tidak akan sadar menjadi pihak atau membiarkan aktivitas ilegal atau
tidak layak. Mereka harus menghormati hak, tanggung jawab, dan integritas dari
rekan-rekan mereka dan pejabat publik lainnya dengan siapa mereka bekerja dan
asosiasi. Mereka harus mengatur semua hal personil dalam lingkup kewenangan
mereka sehingga keadilan dan ketidakberpihakan mengatur keputusan mereka.
Mereka akan mempromosikan kesempatan kerja yang sama, dan dengan berbuat
demikian, menentang diskriminasi, pelecehan, atau praktik yang tidak adil
lainnya.
-
Konflik
Kepentingan
Petugas pembiayaan Pemerintah harus
secara aktif menghindari munculnya atau kenyataan benturan kepentingan. Mereka
harus melaksanakan tugas mereka tanpa bantuan dan harus menahan diri dari
terlibat dalam hal-hal di luar kepentingan keuangan atau pribadi yang tidak
sesuai dengan kinerja tidak memihak dan tujuan tugas mereka. Mereka tidak akan,
secara langsung atau tidak langsung, mencari atau menerima keuntungan pribadi
yang akan mempengaruhi, atau tampaknya mempengaruhi, pelaksanaan tugas resmi
mereka. Mereka tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya untuk
keuntungan pribadi atau politik.
- Model dan standar profesi di Eropa (Inggris, Jerman, dan Perancis)
Standar Praktek dikembangkan oleh COTEC
adalah kode sukarela yang dirancang untuk membantu Asosiasi Nasional untuk
membangun dan mengembangkan kode nasional sesuai dengan standar Eropa praktek
untuk terapis okupasi. Hal ini dimaksudkan untuk penerapan umum namun dapat
dimodifikasi untuk daerah spesialis misalnya pediatri praktek, kepedulian
masyarakat, dll psikiatri Jika ada kelompok seperti ingin melakukan ini, setiap
dealth masalah dengan dalam Standar Praktek, harus diberikan dan bijaksana
pertimbangan informasi karena mereka telah disertakan untuk relevansi mereka
untuk satu atau kegiatan lain dari praktek profesional kami. Sangat penting
bahwa isu-isu yang termasuk dalam Standar Praktek harus saat ini dan relevan
dengan anggota profesi yang menggunakan atau untuk yang menggunakannya
dimaksudkan.
Standar COTEC Praktek adalah pernyataan
kebijakan yang membantu untuk mengatur dan menjaga standar praktek profesional
yang baik. Dalam kasus dimana keputusan harus dibuat mengenai perilaku tidak
profesional dari seorang ahli terapi kerja, Kode dapat digunakan sebagai
panduan untuk standar perilaku profesional yang tepat.
Wakil untuk COTEC diminta untuk memastikan bahwa, ketika kode sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa lainnya, hal itu dilakukan sehingga oleh penutur asli. Hal ini dianjurkan karena memiliki frase dan istilah yang kadang-kadang sulit diterjemahkan.
Ada dua bagian utama dalam dokumen ini:
Wakil untuk COTEC diminta untuk memastikan bahwa, ketika kode sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa lainnya, hal itu dilakukan sehingga oleh penutur asli. Hal ini dianjurkan karena memiliki frase dan istilah yang kadang-kadang sulit diterjemahkan.
Ada dua bagian utama dalam dokumen ini:
-
Kode Etik Federasi Dunia Kerja
Therapist
- Standar Praktek dirancang oleh COTEC
pada tahun 1991 dan sekarang diperbaharui pada tahun 1996.
1. Pribadi atribut
Pekerjaan terapis memiliki integritas pribadi,
kehandalan, pikiran yang terbuka dan loyalitas berkaitan dengan konsumen dan
bidang profesional keseluruhan.
Tanggung jawab terhadap penerima Occupational Layanan Terapi
Pekerjaan terapis pendekatan semua konsumen dengan hormat dan dengan memperhatikan untuk situasi masing-masing. Pekerjaan terapis akan tidak diskriminasi terhadap konsumen berdasarkan ras, warna kulit, cacat, cacat, asal-usul kebangsaan, umur, jenis kelamin, preferensi seksual, agama, keyakinan politik atau status dalam masyarakat. pribadi preferensi konsumen dan kemampuan untuk berpartisipasi akan diperhitungkan dalam perencanaan penyediaan layanan. Kerahasiaan informasi pribadi’s konsumen dijamin dan setiap rincian pribadi disampaikan hanya dengan persetujuan mereka.
Tanggung jawab terhadap penerima Occupational Layanan Terapi
Pekerjaan terapis pendekatan semua konsumen dengan hormat dan dengan memperhatikan untuk situasi masing-masing. Pekerjaan terapis akan tidak diskriminasi terhadap konsumen berdasarkan ras, warna kulit, cacat, cacat, asal-usul kebangsaan, umur, jenis kelamin, preferensi seksual, agama, keyakinan politik atau status dalam masyarakat. pribadi preferensi konsumen dan kemampuan untuk berpartisipasi akan diperhitungkan dalam perencanaan penyediaan layanan. Kerahasiaan informasi pribadi’s konsumen dijamin dan setiap rincian pribadi disampaikan hanya dengan persetujuan mereka.
2. Perilaku dalam
tim Terapi Pekerjaan dan dalam tim multidisiplin
Pekerjaan terapis bekerja sama dan
menerima tanggung jawab dalam satu tim dengan mendukung tujuan medis dan
psikososial yang telah ditetapkan. terapis Kerja menyediakan laporan tentang
kemajuan intervensi mereka dan memberikan anggota lain dari tim dengan
informasi yang relevan. Mengembangkan pengetahuan profesional
Pekerjaan terapis berpartisipasi dalam pengembangan profesional melalui belajar sepanjang hidup dan selanjutnya menerapkan diperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam kerja profesional mereka.
Pekerjaan terapis berpartisipasi dalam pengembangan profesional melalui belajar sepanjang hidup dan selanjutnya menerapkan diperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam kerja profesional mereka.
3. Promosi profesi
Pekerjaan terapis berkomitmen untuk
perbaikan dan pengembangan profesi pada umumnya. Mereka juga prihatin dengan
mempromosikan terapi okupasi yang lain masyarakat organisasi profesional, dan
mengatur badan-badan di, nasional dan internasional tingkat regional.
World Federation of Occupational Therapist: Komite Praktek Profesional; Maret 1990.
World Federation of Occupational Therapist: Komite Praktek Profesional; Maret 1990.
4. Standar Praktek
Konsumen
Untuk tujuan Standar COTEC Praktek konsumen istilah
digunakan untuk menjelaskan pasien, klien dan / atau wali. Hal ini juga
termasuk mereka yang terapis kerja bertanggung jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar