Sabtu, 06 Oktober 2012

Bahasa Sebagai Pencari Kerja

-->
BAHASA SEBAGAI PENCARI KERJA
                Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Sebagai alat komunikasi tentunya bahasa sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas manusia. Tanpa bahasa akan sangat menyulitkan sesorang untuk berhubungan dan mengetahui maksud atau tujuannya, walaupun mungkin komunikasi bisa dalam bentuk gerak tubuh, tetapi sulit untuk dimengerti.
                Bahasa sebagai pencari kerja maksudnya di dalam suatu pencarian kerja sesorang diharuskan berbicara formal saat ada interview ataupun pada saat menuliskan lamaran pekerjaan. Saat menuliskan sebuah lamaran pekerjaan tentu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menyatakan kesungguhan kita bekerja pada kantor tersebut. Selain bahasa Indonesia, saat ini juga seseorang harus dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing. Bahasa yang universal adalah bahasa inggris, oleh karena itu biasanya sering diadakan test untuk kemampuan bahasa Inggris dengan test TOEFL. Karena globalisasi, pekerja Indonesia memang harus bisa berkomunikasi minimal dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk mencerminkan kepribadian masyarakat Indonesia dan menggunakan bahasa Inggris untuk bisa menjalin komunikasi yang baik terhadap orang asing. Pekerja juga akan diberi nilai lebih untuk yang bisa menguasai beberapa bahasa asing.
                Saat wawancara, seseorang akan ditanyai sesuatu yang biasanya bersifat pribadi ataupun universal. Diperlukan bahasa Indonesia yang baik untuk menjawab pertanyaan itu, karena biasanya perkataan yang kita ucapkan akan mencerminkan perilaku dan  kepribadian kita. Bisa saja karena terbiasa bicara kotor kita kelepasan pada saat wawancara, tentu saja perusahaan tidak akan menerima karyawan yang seperti itu, karena tidak mempunyai kebribadian yang baik. Perusahaan juga akan memperhatikan sekali tutur kata yang kita ucapkan, karena kepribadian pegawai juga merupakan kepribadian perusahaannya.
Oleh karena itu, dalam mencari pekerjaan haruslah dijaga tutur katanya, tidak hanya untuk mencari pekerjaan, sebaiknya diterapkan juga berbicara yang baik setiap saat agar mencerminkan kepribadian yang baik untuk diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar